Cara Merawat Sepatu dari Bahan Suede | Bebasgaul - BebasGaul

Jumat, Desember 10, 2021

Cara Merawat Sepatu dari Bahan Suede | Bebasgaul

Ada beragam jenis bahan baku dalam pembikinan sepatu. Yang populer seperti dari kulit, suede, dan kanvas. Tiap tipe bahan mempunyai langkah perawatan masing-masing. Untuk Anda fans sepatu dari suede, pasti perlu ketahui langkah menjaganya dengan betul.

Maksudnya pasti supaya sepatu Anda masih tetap awet. Anda pasti tidak mau sepatu kecintaan Anda cepat hancur atau alami kotor, tanpa tahu langkah membersihkan sendiri.

Anda harus ketahui langkah menjaga terhitung bersihkan sepatu suede Anda hingga tidak perlu terlampau tergantung pada jasa bersihkan profesional.

Bahan suede datang dari sisi bawah kulit hewan yang mempunyai struktur lentur dan halus. Sepatu berbahan suede termasuk tahan lama dan memiliki daya tahan baik, tetapi mempunyai karakter peka alias rentan.

Apalagi pada musim penghujan, pengguna sepatu berbahan suede harus waspada supaya sepatu Anda tidak terserang air dan kotoran yang dapat memunculkan bintik dan menghancurkan struktur atau warna asli sepatu suede itu.

Tidak boleh nantikan sepatu suede Anda sampai kotor kronis karena semakin lebih susah dibikin bersih atau dirawat.

Berikut beberapa cara merawat sepatu dari bahan suede agar tetap awet
Cara Merawat Sepatu dari Bahan Suede


Cara Merawat Sepatu dari Bahan Suede

Membersihkan saat Sepatu Kering

Membersihkan sepatu berbahan suede saat keadaan sepatu masih kering. Langkah membersihkan lumayan gampang, yakni dengan memakai sikat sepatu dan suede stain eraser.

Ke-2 alat itu dapat dipakai untuk bersihkan dan hapus bintik kering, pasir, dan sisa air pada bahan suede.

Cukup hanya menggosokannya karet penghapus bintik ke tempat suede yang kotor, selanjutnya nantikan sampai ada remah-remah seperti sisa penghapus, pertanda kotoran mulai terangkut.

Bila belum bersih ulang cara barusan beberapa kali. Tapi, tidak boleh terlampau keras menggosoknya supaya tidak menghancurkan bahan sepatu.

Selekasnya Keringkan bila Basah

Jika sepatu suede basah, upayakan untuk selekasnya mengeringkannya. Karena sepatu suede yang basah dan didiamkan kelamaan bisa menghancurkan tekstur sepatu. Dan sepatu suede yang terserang cipratan air dengan jumlah sedikit dapat tinggalkan sisa tetap pada permukaan.

Langkah yang terbaik untuk keringkan sepatu suede yakni dengan memakai kipas atau dapat dengan bantuan hairdryer. Janganlah lekas menjemurnya di bawah cahaya matahari, karena akan menghancurkan warna dan membuat bahan suede jadi rusak.

Membersihkan dengan Cairan Pencuci Khusus

Anda bisa juga menjaga sepatu suede Anda dengan membersihkan memakai cairan pencuci khusus. Sebaiknya memakai pencuci khusus bahan suede. Pencuci itu telah banyak dipasarkan di pasar pada harga terjangkau.

Biasanya cairan pencuci sepatu itu dibuat dari minyak kelapa, peppermint oil, dan asam amino proteinogenic. Beragam bahan itu aman untuk dipakai pada sepatu dengan bahan suede.

Pakai Bedak dan Tepung Maizena

Langkah menjaga sepatu suede setelah itu memanfaatkan bantuan dari bedak atau tepung maizena. Pemakaian bedak dan tepung maizena ini efisien saat sepatu terserang air hujan.

Triknya gampang, yakni dengan mengelap tempat yang basah dengan kain bersih dan kering. Kemudian, lapisi sisi yang basah itu dengan tepung maizena atau bedak.

Sesudah tertutup rata, diamkan sepatu itu semalaman. Esok harinya, membersihkan sisi itu dengan sikat khusus suede untuk hilangkan bedak dan tepung maizena yang mulai mengering.

Pakai Spray Anti Air

Air sebagai satu antara musuh sepatu berbahan suede. Karena, saat air mengenai sepatu setelah itu mengendap dalam waktu lama, dapat mempunyai potensi mengganti tekstur suede.

Walau sebenarnya, untuk kembalikan tekstur bahan suede supaya kembali seperti sebelumnya sebagai hal susah.

Karenanya, sebaiknya saat sebelum melancong ke luar rumah, lapisi sepatu suede Anda dengan spray anti air. Pemakaian spray itu akan bermanfaat membuat perlindungan sepatu dari air lumpur atau cairan yang tidak diharapkan.

Tapi, bila tidak mempunyai atau lupa menyemprot spray anti air, lebih bagus terlepas sepatu dan amankan pada tempat yang jauh dari cipratan air dan kotoran.

Membawa ke Tukang Cuci Professional

Langkah ini kemungkinan menjadi jalan paling akhir saat sepatu suede tidak dapat ditolong hanya dengan beberapa cara di atas. Sebaiknya tidak untuk memaksa membersihkan sendiri. Semakin lebih arif bila Anda membawa ke arah tempat cuci sepatu profesional.

Nyaris di setiap kota telah ada beberapa gerai-gerai jasa cuci sepatu yang dapat kembalikan keadaan sepatu suede jadi seperti semula.

Memang beberapa gerai yang telah mempunyai nama besar menetapkan ongkos jasa bersihkan dengan mahal, tetapi sepadan dengan hasil akan didapat.

Memakai jasa cuci sepatu profesional pas untuk Anda yang tidak sempat bersihkan sepatu sendiri di dalam rumah dan inginkan hasil yang maksimal.

Share with your friends

Give us your opinion