Cara Memilih Sepatu Lari Yang Sesuai Bagi Pemula Ala BebasGaul - BebasGaul

Selasa, Desember 21, 2021

Cara Memilih Sepatu Lari Yang Sesuai Bagi Pemula Ala BebasGaul

Lari sebagai tipe olahraga yang banyak disukai warga. Lari menjadi opsi sebagian besar dari kita yang repot atau ingin belajar melatih diri untuk olahraga.

Ada beberapa faedah yang dapat didapat dengan lari. Disamping bagus untuk ketahanan badan, lari bisa membuat badan jadi lebih bagus dan mencegah berbagai penyakit akut.

Satu antara bagian penting saat lakukan olah raga lari atau jogging adalah sepatu lari. Sepatu bermanfaat membuat perlindungan kaki dari beberapa benda yang dapat menyebabkan cedera dan cedera.

Ada bermacam tipe sepatu lari yang dipasarkan di pasar dengan wujud trendy dan beragam range harga. Tetapi, saat menentukan sepatu lari yang bagus bukan hanya berdasar harga yang mahal dan punyai tampilan luar menarik.

Sepatu lari yang bagus ialah sepatu yang nyaman dan cocok di kaki, bahkan juga sampai jemari kaki.

cara memilih sepatu lari yang sesuai bagi pemula


Berikut cara memilih sepatu lari yang sesuai bagi pemula

Keamanan

Karakter sepatu lari yang bagus dan aman, mencakup:

  • Penurunan tumit, kaki yang minimal: Penurunan yang diartikan ialah ketidaksamaan ketebalan bantal tumit dengan tebal di tempat alas kaki depan. Sepatu dengan pengurangan tumit yang rendah (6mm atau mungkin kurang) ialah opsi terbaik untuk memberikan dukungan pergerakan kaki.
  • Netral: Sepatu lari yang bagus tidak mempunyai kontrol pergerakan atau kestabilan tertentu. Elemen tambahan itu malah bisa mengusik pergerakan kaki normal sepanjang meredam beban.
  • Enteng: Sepatu lari yang enteng lebih pas untuk yang baru memulai daripada sepatu lari yang lebih berat.

Kenyamanan

Saat pilih sepatu lari yang bagus, kenyamanan sebagai hal nomor satu yang perlu jadi perhatian. Menurut studi yang termuat di British Journal of Sports Medicine, faktor paling penting untuk tentukan sepatu yang pas ialah kenyamanan saat menggunakannya.

Kenyamanan memang hal yang subyektif dan tidak bisa diukur. Tetapi, saat Anda merasa nyaman dalam kenakan satu sepatu, dapat diambil kesimpulan jika sepatu itu sesuai wujud dan memberikan dukungan biomekanik kaki Anda.

Tipe Sepatu

Pada umumnya, ada tiga tipe sepatu lari yang menjadi referensi sepatu lari pemula:

  • Road-running shoes: sepatu yang dibuat untuk lari di atas keras, seperti aspal atau jalanan. Sepatu ini memberi elastisitas dan konsistensi yang tinggi.
  • Trail-running shoes: sepatu tipe ini dibuat untuk lari pada medan yang berbatu, berlumpur, sarat dengan ranting-ranting atau mempunyai rintangan-rintangan. Trail-running shoes mempunyai watak yang lebih keras untuk menyangga konsistensi dan membuat perlindungan kaki.
  • Cross-training shoes: sepatu yang dibuat untuk olahraga di gym, seperti crossfit atau mengusung beban. Sepatu ini mempunyai peranan yang sama imbang.

Saat sebelum betul-betul beli sepatu lari, tidak boleh malu untuk coba berbagai mode sampai memperoleh yang cocok. Tak perlu tergesa-gesa dalam membeli. Coba memakai sepatu itu untuk jalan, lari, dan melonjak.

Berikut sejumlah panduan yang bisa menolong Anda mengawali olahraga lari:

Mulai dalam jarak yang lebih pendek

Mulai latihan Anda dalam jarak yang lebih pendek. Sesudah terlatih, Anda bisa tingkatkan jaraknya. Diamkan badan Anda menyesuaikan dengan berolahraga ini sampai betul-betul nyaman untuk lari lebih jauh.

Lari perlahan di permulaan

Banyak pemula langsung lari terlampau cepat di permulaan. Mengakibatkan Anda jadi gampang capek, bahkan juga rawan cedera. Coba lari perlahan-lahan pada awal, selanjutnya tambahkan kecepatan dikit demi sedikit.

Beristirahat cukup

Beri waktu minimal sehari untuk istirahat saat sebelum Anda kembali lari. Badan perlu istirahat supaya bisa sembuh dari sesion lari pertama, sekalian mengoptimalkan kemampuan otot atau tulang.

Kerjakan pemanasan dan pendinginan

Janganlah lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan. Pemanasan saat sebelum lari penting untuk menahan cedera otot seperti kram. Dan pendinginan menolong melenturkan otot-otot badan dan atur pergerakan pernafasan.

Tentukan tempat lari yang pas

Banyak pemula bertanya, tempat apakah yang baik untuk lari? Ini bergantung pada tipe latihan yang hendak Anda lalui. Contoh, tempat seperti trotoar benar-benar bagus untuk lari cepat karena resiko berlangsungnya cedera pada pergelangan kaki lebih rendah.

Taman dan rimba kota dapat menjadi tempat yang baik untuk yang baru memulai. Tapi, resiko cedera karena terganjal akar atau batu bisa terjadi.








Share with your friends

Give us your opinion