Cara Melatih Otak Agar Jiwa Kreatif Meningkat - BebasGaul

Kamis, Desember 09, 2021

Cara Melatih Otak Agar Jiwa Kreatif Meningkat

Di zaman modern, setiap orang dituntut mempunyai jiwa kreatif. Dengan mempunyai jiwa yang inovatif, beberapa ide cemerlang dapat muncul lebih mudah.

Memunculkan jiwa inovatif memanglah bukan kasus mudah. Anda perlu melatihnya, misalnya dengan sering membaca berdiskusi dan buku.

Disamping itu, menumbuhkan jiwa inovatif dapat dilatih dengan berbagai cara. Beberapa cara itu juga membahagiakan dalam melatih otak.

Dengan otak yang terlatih, jiwa kreasi akan terus-terusan meningkat.

Cara Melatih Otak Agar Jiwa Kreatif Meningkat


Berikut cara melatih otak agar jiwa kreatif meningkat

Tantang Diri Sendiri

Kadang, suara yang ada di kepala Anda menyaksikan suatu kejadian sebagai sebuah halangan. Walau sebenarnya, bisa jadi Anda memperoleh suatu hal yang benar-benar berlainan dari yang dibayangkan.

Paksa diri Anda untuk ambil satu cara lebih maju dan tidak "terlena" dengan pikiran negatif itu. Tantang diri kita untuk selalu memperoleh apa yang diharapkan. Seiring waktu berjalan, langkah ini akan latih otak Anda dalam menyaksikan kebatasan dan kekuatan lebih tepat.

Upayakan untuk Selalu Berpikiran Positif

Pikirkan beberapa hal seperti, 'Ini tidak pernah berhasil' atau 'Saya benar-benar bodoh', tidak membantu Anda. Pemikiran atau perkiraan negatif yang terlalu berlebih pada diri kita bisa menahan Anda untuk ambil perlakuan positif.

Semua pikiran negatif yang tiba harus dibalas dengan pengakuan yang lebih realitas. Jadi daripada berpikir. 'Saya akan gagal', Anda dapat menjelaskan 'Ada kemungkinan ini tidak berhasil, tetapi ada pula peluang saya akan berhasil. Yang dapat saya kerjakan ialah yang terbaik'.

Kalimat yang positif akan menggairahkan otak Anda untuk berpikir tenang dalam menyaksikan sebuah permasalahan yang ditemui hingga dengan memasukkan kalimat positif ke alam bawah sadar, Anda bisa melatih otak untuk mendapatkan jalan keluar atas sebuah persoalan.

Membuat "Mantra" untuk Motivasi Diri

Ketahui sudut pandang negatif yang kerap ada di kepala Anda. Selanjutnya, bangun suatu hal yang positif untuk buang emosi negatif itu.

Mengulang kalimat seperti, 'Jadikan itu terjadi' atau 'Lakukan yang terbaik', dipercayai bisa buang hal negatif. Dengan berjalannya waktu, Anda akan tumbuh untuk mempercayai pengakuan positif daripada beberapa hal yang tidak sehat.

Seperti melatih ketrampilan baru, latih otak untuk berpikiran inovatif memerlukan waktu. Semakin Anda berpikiran inovatif, semakin kuat psikis yang Anda bangun.

Berani Ambil Resiko

Kerap kali, untuk berpikiran inovatif, Anda harus ingin coba melanggar batas mengenai bagaimana satu hal harus dilaksanakan. Anda perlu kerahkan keberanian untuk berpikiran secara melawan standard dan tidak sama.

Janganlah lupa, ajukan pertanyaan peluang yang lain untuk memperoleh hasil yang diharapkan. Pendekatan berpikiran semacam ini memaksakan Anda untuk keluar zona nyaman, dengan arah untuk memperoleh sudut pandang yang berbeda.

Mengawali Suatu hal yang Baru Tiap Hari

Buatlah daftar mengenai beragam tipe aktivitas yang tak pernah Anda kerjakan. Misalkan menggambar, menyelam, atau memancing. Dalamilah hal baru tiap harinya. Anda akan terbiasa melatih otak dan mendapati diri Anda yang baru.

Membuat Koneksi

Dapatkan beberapa orang inovatif dan menginspirasi di sekitar Anda dan coba masuk ke lingkungan mereka. Mendapatkan cara pandang dan sudut pandang baru bisa melatih otak Anda untuk berpikiran kreatif.

Bertualang ke Tempat-Tempat Baru (Travelling)

Menyaksikan dan pelajari etika dan budaya yang lain bisa menolong Anda untuk mendapatkan ide baru.

Sebuah riset di Amerika mendapati, mahasiswa yang jalani transisi siswa ke Inggris memperoleh hasil yang lebih bagus pada test langkah berpikiran inovatif dibanding mahasiswa yang cuman masih tetap di kampus.

Disamping itu, setiap tempat baru yang Anda datangi mempunyai rintangan yang berbeda hingga ini bisa latih otak Anda untuk menuntaskan rintangan itu dan mendapati jalan keluarnya.

Baca Buku dan Perluasan Wacana

Luangkan diri untuk membaca berbagai tipe buku. Buku menolong tempatkan Anda pada tempat dan pemikiran yang lain lewat watak di dalamnya. Buku menolong Anda pelajari suatu hal tak perlu beralih tempat.

Dengan membaca buku, Anda bisa berfantasi mengganti kalimat jadi imaji dalam pemikiran Anda. Membaca jadi sebuah pintu yang bisa mengantarkan Anda ke dunia baru hingga bisa latih otak Anda untuk berpikiran kreatif.

Istirahat Sesaat

Saat Anda telah terlampau capek, beristirahatlah sesaat. Otak yang terlampau capek tidak hasilkan gagasan baru atau ide.

Istirahatkan mata Anda dari monitor komputer atau handphone, selanjutnya pergi keluar sesaat untuk menghirup angin segar atau sekedar beli kopi. Kadang ide tiba dari beberapa tempat yang tidak terduga.

Aplikasikan Pola Hidup Sehat

Mengaplikasikan gaya hidup sehat, seperti makan teratur, olahraga, dan istirahat cukup seringkali jadi saran dokter.

Tidak boleh menyepelekan ini karena tubuh yang sehat bisa memberikan dukungan pemikiran untuk selalu konsentrasi dan mempunyai energi untuk produktif. Dengan begitu, diharap Anda terus latih otak untuk berpikiran kreatif.

Share with your friends

Give us your opinion