Mengenal Katarsis Cara Pelampiasan Emosi untuk Kesehatan Mental - BebasGaul

Senin, November 08, 2021

Mengenal Katarsis Cara Pelampiasan Emosi untuk Kesehatan Mental

Ekspresikan emosi sebagai satu antara langkah terbaik untuk mempertahankan kesehatan psikis. Di dunia psikologi ada istilah 'katarsis', yang mempunyai makna saat seorang secara sadar ekspresikan emosi yang sudah lama dikubur.

Dengan melepaskan emosi yang lama dikubur, seorang akan rasakan kelegaan. Ini sekalian menghindarikannya dari masalah histeria atau permasalahan Mental yang bisa meletuskan emosi terlalu berlebih.

Wujud emosi itu umumnya berbentuk rasa geram, frustrasi, atau bersedih yang dilampiaskan pada kegiatan fisik atau aktivitas yang lain dapat melepas depresi.

Pasalnya bila seorang merendam hati berbentuk negatif, bisa berpengaruh jelek ke diri kita. Hal itu tentu saja dapat berpengaruh pada jalinan sama orang lain.

Itu kenapa, dengan katarsis bisa menolong Anda untuk arahkan hati emosi ke yang positif. Selainnya untuk diri kita, Anda bisa juga membagi langkah katarsis ke seseorang.

Mengenal Katarsis, Cara Pelampiasan Emosi untuk Kesehatan Mental


Berikut langkah melepaskan emosi dengan sistem katarsis

1. Bicara dengan Seorang Rekan

Saat tengah hadapi hati yang tidak membahagiakan, coba untuk salurkannya dengan mengobrol atau menceritakan dengan rekan. Dengan membagi hati ke seseorang, Anda akan menyaksikan persoalan itu dari sudut pandang yang lain.

Tetapi, Anda perlu pastikan untuk membagi hati sama orang yang dipercayai dan memberikan dukungan kondisi Anda. Coba lebih selective saat menentukan rekan untuk menceritakan karena tidak seluruhnya orang dapat menjadi tempat menceritakan.

2. Dengarkan Lagu

Untuk beberapa orang, dengarkan lagu menjadi katarsis yang bagus. Saat Anda punyai hati yang tidak dapat dikendalikan, musik menjadi motivasi sekalian pembasmi depresi.

Putar lagu yang dapat membuat Anda tenang atau putar beberapa lagu yang bisa memacu hati atau mengingati kembali ke beberapa momen yang membuat Anda bersedih.

Saat peristiwa itu terjadi, tak perlu menantang, cicipilah sampai Anda berasa lebih bagus.

3. Menulis Jurnal

Dalam psikologi, menulis jurnal harian disebutkan dengan 'jurnaling'. Seseungguhnya, jurnaling tidak berlainan dengan menulis diary yang kemungkinan kerap Anda kerjakan saat kecil.

Banyak psikiater yang merekomendasikan seorang untuk menulis jurnal, untuk melepaskan hati ke kalimat yang cuman dapat dibaca sendiri.

Bila Anda alami hati yang tidak membahagiakan sepanjang sehari, Anda dapat berceritanya lewat tulisan. Catat semua hati yang dirasa sampai Anda berasa lebih bagus.

4. Membaca Buku dan Melihat Film

Saat ditempatkan pada hati yang tidak termonitor, Anda dapat melepaskannya dengan lakukan hoby atau hal yang dicintai. Misalkan, membaca buku atau melihat film. Walau tidak menuntaskan permasalahan, minimal hati Anda akan lebih baik.

5. Olahraga

Olahraga bisa turunkan tingkat depresi seorang. Saat olahraga, badan akan melepas hormon endorfin, yakni hormon yang bisa menantang depresi.

Share with your friends

Give us your opinion