Cara Sehat Meningkatkan Daya Ingat - BebasGaul

Sabtu, November 13, 2021

Cara Sehat Meningkatkan Daya Ingat

Bersamaan pertambahan umur, ingatan seorang tentu alami pengurangan. Hal tersebut sebagai suatu hal yang normal dan dapat dipandang lumrah.

Tetapi, Anda bisa jaga ingatan dengan mengaplikasikan rutinitas sehat setiap hari. Dengan mengaplikasikan rutinitas sehat akan menggerakkan otak untuk produksi beberapa sel saraf baru.

Selainnya untuk ingatan, rutinitas sehat berpengaruh pada positif pada peranan badan yang lain. Dengan badan yang sehat, Anda dapat nikmati periode tua dengan berbahagia.



Cara Sehat Meningkatkan Daya Ingat

Ada banyak cara sehat meningkatkan daya ingat yang dapat Anda aplikasikan. Beberapa cara itu tidak mempunyai efek dan dapat diaplikasikan untuk semua jenjang umur.

1. Belajar info baru saat sebelum atau setelah lakukan olahraga kardiovaskular

Olahraga kardiovaskular telah lama dipandang berguna untuk turunkan resiko Alzheimer. Dan rupanya, faedah kognitifnya bisa juga dirasa dengan selekasnya.

Beberapa study memperlihatkan jika lakukan olahraga kardiovaskular intensif sedang sampai tinggi sesudah Anda belajar info baru, akan tingkatkan kekuatan Anda untuk ingat info itu.

Tetapi, menanti waktu satu jam untuk olahraga sesudah belajar info baru dipandang tidak menolong tingkatkan daya ingat.

Penuhi keperluan tidur


2. Penuhi keperluan tidur

Kualitas tidur yang bagus, penting bukan hanya untuk meminimalisir resiko Alzheimer, tapi juga mengepak info yang baru didalami. Cukup banyak kelompok klinis yang berteori jika tidur lebih bernilai untuk memaksimalkan ingatan dibandingkan saat melakukan aktivitas.

Usahakanlah untuk tidur sekitar delapan jam satu hari. Rutinitas ini bisa tingkatkan kekuatan memory otak, kreasi, dan daya tangkap Anda. Disamping itu, toksin-racun dari pada tubuh bisa juga tersingkirkan.

3. Awasi media-multitasking

Kerap melihat film sekalian WhatsApp-an di handphone? Atau, terlatih dengarkan radio sekalian berseluncur di Internet? Beberapa study memaparkan jika orang yang kerap media-multitasking (beralih-pindah tipe handphone pada sebuah waktu) mempunyai memory yang jelek dibanding mereka yang tidak lakukan hal itu.

Ini karena rutinitas itu membuat Anda susah menjaga perhatian dan mempernyerap info yang berkaitan. Coba untuk batasi media-multitasking dengan memeriksa handphone tiap jam dan bukanlah setiap waktu, mematikan e-mail alert, dan mematikan tv saat Anda sedang kerjakan hal-hal lain.

4. Turunkan depresi

Beberapa orang alami brain fog (kabut mental), saat berasa depresi. Hormon kortisol yang mengakibatkan depresi, dijumpai sanggup mengusik kekuatan Anda untuk menajamkan ingatan. Bila banyaknya cukup, kortisol mempunyai dampak baik, seperti tingkatkan peranan memory dan menambahkan ketahanan badan.

Anda bisa kurangi depresi dengan lakukan management depresi. Analisis apa yang kerap membuat Anda depresi dan tentukan jalan keluar yang pas untuk mengatasinya. Tehnik rileksasi seperti meditasi, olahraga, dan menulis jurnal pantas dicoba supaya depresi bisa diatur secara baik.

5. Mengoptimalkan info baru dan info yang telah Anda kenali

Menyambungkan info baru ke info yang telah lama Anda kenali ialah tehnik yang bagus dan cepat untuk pertajam daya ingat. Anda bisa menambah 'cabang pohon; ingatan dengan lakukan hal itu.

Misalkan, Anda berjumpa orang baru namanya Budi, kaitkan ke 'Budi' yang lain Anda kenali, selanjutnya latih atau ulang info itu untuk perkuat daya ingat baru. Setiap Anda mengulang-ulang info baru itu, Anda aktifkan dan perkuat circuit neuronal di otak hingga Anda lebih gampang ingat di saat selanjutnya.


Share with your friends

Give us your opinion