Cara Sehat Menghangatkan Tubuh di Musim Penghujan - BebasGaul

Senin, November 01, 2021

Cara Sehat Menghangatkan Tubuh di Musim Penghujan

Langkah menghangatkan badan di musim hujan benar-benar berguna untuk mempertahankan kesehatan. Udara lembap dan curahan hujan tinggi dapat membuat penebaran penyakit semakin tinggi.

Itu kenapa, supaya badan masih tetap bugar dan sehat, Anda perlu jaga temperatur badan masih tetap hangat saat musim penghujan. Dengan temperatur yang terbangun, imun badan bisa mencegah semua jenis penyakit.

Orang umumnya konsumsi teh atau kopi untuk menghangatkan badan. Tetapi, itu cuman memiliki sifat sebentar.

Ada beragam jenis langkah menghangatkan badan di musim hujan, yang dapat Anda coba. Selainnya berguna untuk diri kita, Anda dapat membagi beberapa cara itu ke keluarga atau rekan paling dekat.

Cara Sehat Menghangatkan Tubuh di Musim Penghujan


Berikut langkah menghangatkan badan di musim hujan

1. Penuhi Keperluan Kalori

Badan Anda memerlukan "bahan bakar" supaya temperaturnya selalu terlindungi, khususnya saat udara di luar sedang dingin-dinginnya. Karena itu, Anda bisa penuhi keperluan kalori supaya badan dapat bekerja dan jalankan perannya secara normal.

Konsumsi minimal satu makanan hangat dalam satu hari. Disamping itu, coba makan beragam buah, sayur, dan makanan yang tidak diproses yang lain.

2. Gunakan Kaus Kaki, Khususnya saat Tidur

Bukan hanya menolong menghangatkan semua badan, kaki yang hangat memberikan signal ke otak Anda jika ini ialah waktu untuk tidur. Karena, beberapa orang tidak dapat tidur karena kakinya kedinginan.

Maka satu antara langkah simpel ialah menghangatkan badan dengan menggunakan kaus kaki.

Anda bisa juga kenakan kaus kaki saat ada di luar rumah, ditambah saat cuaca sedang dingin dan berangin.

3. Penuhi Keperluan Zat Besi dan Vitamin B12

Bila keperluan zat besi dan vitamin B12 tidak terpenuhi, Anda beresiko terserang anemia.

Anemia terjadi saat jumlah sel darah merah terlampau sedikit dan tidak dapat mengantar oksigen dengan cukup ke semua badan. Anemia dapat membuat Anda berasa kedinginan.

Anemia bisa juga muncul karena seorang tidak konsumsi makanan memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup atau badannya tidak bisa mempernyerap vitamin itu dengan optimal. Wanita hamil rawan anemia karena kandungan keperluan zat besinya semakin tinggi.

Anda dapat mendapat kandungan vitamin B12 dari daging ayam, telur, atau ikan. Dalam pada itu, peroleh kandungan zat besi dengan konsumsi olahan unggas, makanan laut, buncis, dan sayur berdaun hijau.

4. Menggunakan Baju Berlapis

Bila akan keluar saat musim penghujan, tidak ada kelirunya menggunakan baju berlapis. Mulai dengan kain tipis, seperti baju dalam yang mempernyerap kelembapan. Lantas, tambah kaus tebal atau sweater dan pakailah jaket sebagai baju paling luar.

Tiga susunan umumnya cukup meredam badan Anda dari rasa dingin. Cukup tambah susunan lain bila Anda masih kedinginan dan lepas satu salah satunya apabila sudah berasa kegerahan.

5. Tentukan Baju yang Pas

Pilih bahan baju yang membuat badan Anda selalu terlindungi kehangatannya. Baju sejenis flanel akan membuat Anda masih tetap nyaman dan memberikan peluang badan "bernapas".

Badan tidak terlampau panas atau lembap karena berkeringat saat kenakan pakaian dengan bahan flanel. Jika betul-betul kedinginan, coba gunakan celana panjang dan penutup kepala untuk tidur.

6. Konsumsi Makanan Pedas

Langkah lain untuk menghangatkan badan saat musim penghujan dengan konsumsi makanan pedas. Lihat, keringat umumnya kerap bercucur sehabis Anda konsumsi makanan pedas. Anda jadi kegerahan dan rasa dingin tidak lagi terlampau berasa menyerang.

Tetapi, lihat, saat punyai permasalahan atau masalah pencernaan, seharusnya tidak boleh konsumsi makanan pedas kebanyakan.

7. Olahraga

Jalanan atau jogging dapat dipakai sebagai langkah menghangatkan badan. Bila di luar terlampau dingin, kerjakan olahraga dalam ruangan, seperti sit up dan push up. Bukan hanya menghangatkan badan, olahraga enteng ini menolong membuat otot dan membakar kalori Anda.

Olahraga enteng dapat tingkatkan temperatur badan Anda, minimal untuk beberapa waktu. Yakinkan untuk teratur olahraga minimum 30 menit tiap hari supaya badan masih tetap sehat.

8. Penuhi Keperluan Cairan

Walau badan Anda tidak berkeringat banyak seperti saat musim panas, badan harus tetap terhidrasi. Harus dipahami, kekurangan cairan bisa membuat ketahanan badan turun dan membuat kita mudah terkena penyakit.

Anda bisa konsumsi susu atau teh hangat sebagai satu antara langkah menghangatkan badan sekalian penuhi keperluan cairan. Tetapi, upayakan masih tetap minum air putih minimum delapan gelas atau sekitar 2 liter setiap hari.

9. Selalu Membawa Payung

Tentu tidak ada orang yang ingin kehujanan. Masalahnya kehujanan bisa membuat temperatur badan turun secara mencolok. Ini membuat Anda beresiko terserang penyakit. Oleh karenanya, selalu membawa payung ke mana saja pergi.

Share with your friends

Give us your opinion