Cara Merawat Kuku Agar Indah dan Sehat - BebasGaul

Kamis, November 25, 2021

Cara Merawat Kuku Agar Indah dan Sehat

Mempunyai kuku yang cantik sebagai idaman tiap orang, terutamanya golongan wanita. Kuku yang cantik dan sehat akan membuat rasa optimis semakin meningkat.

Karenanya, cara merawat kuku supaya sehat dan cantik pantas jadi perhatian. Kerap kali, orang ikhlas keluarkan dana beratus-ratus ribu bahkan juga ada sampai juta-an rupiah untuk memperoleh kuku yang cantik dan bersih.

Bila kuku tidak dirawat secara baik, menjadi ringkih, gampang warna kekuningan, dan patah. Keadaan itu akan membuat kelihatan tidak berkesan kotor dan menarik.

Tetapi, bila Anda bukanlah orang yang royal keluarkan uang untuk perawatan yang kecil, dapat memakai langkah simpel di rumah.

Cara Merawat Kuku


Berikut Cara Merawat Kuku Agar Indah dan Sehat

Potong Kuku Secara Teratur

Beberapa wanita yang menyenangi kuku panjang. Karena, kuku panjang gampang dibuat dan dihias dengan cat kuku. Cuman, kuku yang terlampau panjang bisa mengakibatkan infeksi karena bakteri dapat ketinggalan dalam situ.

Kuku panjang juga beresiko gampang patah dan pada akhirnya membuat cedera, bahkan juga cantengan. Karenanya, cara merawat kuku yang pertama dengan rajin mengguntingnya.

Menjaga Kuku Masih tetap Bersih dan Kering

Kuku yang basah dan tidak dikeringkan secara benar menjadi tempat jamur tinggal dan bakteri. Karena ini, Anda dianjurkan untuk memakai sarung tangan karet saat membersihkan pakaian atau piring.

Maksudnya, untuk menghindar kuku dari keadaan basah dan paparan bahan kimia dari detergen saat mencuci.

Tidak itu saja, Anda dapat memakai pelembab yang dibuat khusus supaya kuku tumbuh lebih sehat dan kelembabannya masih tetap terjaga.

Tidak boleh Pakai kuteks Terlampau Sering


Tidak boleh Pakai kuteks Terlampau Sering

Pemakaian kuteks memang membuat kuku jadi kelihatan lebih menarik. Namun, kuteks bisa membuat kuku berubah tak sehat.

Memakai kuteks sering ikut mengakibatkan kuku kering dan lapisannya menjadi lebih tipis. Berwarna juga dapat beralih menjadi kuning, bahkan juga hitam.

Karena, kuku gampang menyerap bahan kimia, terhitung yang terdapat dalam kuteks. Karenanya, diamkan kuku 'bernapas' sesudah pemakaian kuteks. Anda dapat kembali memoleskan kuteks kembali sesudah 2-3 bulan pemakaian sebelumnya.

Rendam Kuku di Perasan Air Lemon

Cara merawat kuku setelah itu dengan memendam kuku di perasan air lemon. Memendam tangan dengan perasan air jeruk lemon hangat atau air garam sanggup tingkatkan kesehatan kuku.

Untuk perawatan lebih komplit, Anda dapat memberi beberapa tetes tea tree oil atau lavender oil ke rendaman air untuk tangan.

Gigit Kuku

Jauhi Menggigit Kuku

Tidak cuman dipandang kotor oleh orang di sekitar Anda, menggigit kuku dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi dan kuku. Kuku yang kerap digigit akan membuat jaringannya hancur hingga perkembangan kuku jadi terganggu.

Tidak stop sampai di sana, menggigit kuku mempunyai potensi mengakibatkan kuman beresiko masuk melalui mulut dan mengkontaminasi badan Anda.

Pakai Pelembab Kuku

Bila Anda mempunyai kuku yang gampang patah, rutinlah mengoleskan pelembab di kutikulanya dan kuku. Pelembab bisa membuat kutikula kelihatan lebih sehat dan menolong membuat perlindungan kuku supaya tidak gampang rengat dan patah.

Bila sedang memakai body lotion atau minyak zaitun, Anda dapat mengoleskannya ke kuku untuk jaga kelembapannya.

Konsumsi Makanan Memiliki kandungan Biotin

Cara merawat kuku tidak selamanya harus dilaksanakan dari luar. Anda dapat menjaga kuku dari dalam, yaitu dengan konsumsi makanan sehat bergizi dan yakinkan memiliki kandungan gizi yang imbang dan cukup.

Satu antara vitamin yang bisa sehatkan kuku ialah biotin. Biotin ialah adalah tipe vitamin B yang terlarut dalam air.

Biotin bisa ditemukan di pada makanan, seperti sarden, telur, dan kacang-kacangan. Anda dapat konsumsi vitamin B atau suplemen biotin untuk memperoleh faedah kuku sehat.

Tidak boleh Menghancurkan Kutikula

Selainnya menggigit kuku, mengambil atau menggunting kutikula jadi hal yang perlu dijauhi karena kutikula berperan sebagai perlindungan alami kuku Anda.

Jika kerap mengambil, menggunting, atau menghancurkan kutikula, resiko kuku untuk terserang infeksi juga jadi lebih tinggi.

Jauhi Pemakaian Kuku Akrilik

Selainnya kuteks, wanita umumnya memakai kuku palsu yang dibuat dari akrilik untuk percantik jarinya. Namun, produk itu bisa menghancurkan kuku.

Pemakaian kuku akrilik sering bisa mengakibatkan kuku gampang kering dan terkelupas.

Cukupi Keperluan Cairan

Selainnya konsumsi makanan yang kaya biotin, Anda harus memenuhi keperluan cairan sebagai satu antara langkah menjaga kuku.

Kekurangan cairan bisa memberi dampak jelek untuk kutikula dan kuku. Efeknya, kuku jadi mudah patah dan kering. Yakinkan Anda memenuhi cairan harian dengan minum minimal 8 gelas setiap hari.

Share with your friends

Give us your opinion