Cara Menjaga Mata Tetap Sehat saat Maraton Nonton Drakor - BebasGaul

Sabtu, November 06, 2021

Cara Menjaga Mata Tetap Sehat saat Maraton Nonton Drakor

Melihat seri korea jadi selingan untuk fansnya. Untuk mereka, K-drama (Korean sinetron) alias drama korea dipandang media therapy untuk melepas capek.

Bahkan juga, ada yang ikhlas menyempatkan diri diakhir minggu untuk maraton melihat drama korea. Berdasar sebagian pakar, melihat sebuah hubungan narasi yang memikat, terhitung sinetron Korea, bukan hanya bisa melipur. Perlakuan itu bisa juga berguna untuk kesehatan psikis.

Namun, melihat drama korea secara maraton bisa juga mengakibatkan permasalahan untuk kesehatan mata. Masalahnya mata yang terus menerus memandang monitor handphone atau monitor netbook atau PC dan tv, dapat alami masalah bila tidak ditangani dengan arif.

Itu kenapa, Anda perlu istirahatkan mata saat maraton melihat drama korea sepanjang hari penuh.

Cara Menjaga Mata Tetap Sehat saat Maraton Nonton Drakor


Berikut langkah jaga mata supaya masih tetap sehat saat maraton menonton drama korea

1. Aplikasikan Sistem 20-20-20

Sistem ini mewajibkan Anda untuk memberikan 1x interval tiap 20 menit, dan melihat object lain dalam jarak 20 feet (sekitaran 6,1 mtr.) sepanjang 20 detik.

2. Lihat 3D (Distance, Direction, dan Duration)

Tidak dianjurkan untuk memandang monitor dengan status asal-asalan. Sebaiknya anda melihat sama arah lempeng dengan monitor monitor.

Jaraknya sekitaran 5 kali jumlah lebar monitor. Misalkan TV 32 inch dikali , karena itu jarak baiknya ialah 160 inch (sekitaran 4 meter)

Sementara untuk durasi waktunya lebih kurang sama dengan sistem 20-20-20. Selalu mengambil interval tiap 20 menit sekali.

3. Kerap Berkedip-kedip

Konsentrasi ke drama korea yang dilihat membuat refleks berkedip-kedip turun hingga dapat tingkatkan resiko mata kering.

Oleh karenanya, upayakan agar semakin kerap berkedip-kedip sekali juga Anda sedang 'tersihir' dengan narasi yang dilihat.

4. Gunakan Artificial Tears untuk Mata Kering

Bila Anda alami keluh kesah mata kering, pakai air mata bikinan (artificial tears) sama sesuai keperluan. Perlakuan ini bisa menolong menangani keluh kesah hingga pandangan Anda selalu terlindungi.

Lebih dianjurkan yang kecil (minidose) dibanding botol besar karena minidose tidak menggunakan pengawet.

Gangguan-gangguan mata bisa jadi terjadi karena sering maraton menonton drama korea, seperti mata capek, mata kering, dan masalah refraksi.

Mata capek dikenali dengan istilah Komputer Vision Syndrome (CVS). Keadaan ini dapat dideteksi dari banyak tanda-tanda, misalkan pandangan kabur, iritasi mata, pandangan double, dan ngilu kepala, pundak, leher, dan punggung.

Mata kering di dunia klinis dikenali dengan istilah keratoconjunctivitis sicca. Masalah ini terjadi pada permukaan mata, yang diikuti dengan ketidakstabilan produksi susunan air mata.

Saat alami mata kering umumnya seorang akan mengeluh rasa gatal atau mata seperti berpasir.

Masalah refraksi terjadi saat sinar yang masuk ke mata tidak bisa diprioritaskan dengan jelas. Mengakibatkan, bayang-bayang benda kelihatan kabur atau mungkin tidak tajam.

Share with your friends

Give us your opinion