Cara Mengatasi Overthinking Dengan Efektif - BebasGaul

Senin, November 29, 2021

Cara Mengatasi Overthinking Dengan Efektif

Bebasgaul.com - Overthinking sebagai satu antara pembawaan manusia yang harus dimengerti dengan bijak. Overthinking alias memikirkan semua hal secara berlebihan perlu ditelaah dalam dua sisi.

Segi pertama, overthinking dapat dirasakan baik karena untuk memperhitungkan semua peluang. Di lain sisi sikap ini dapat bikin rugi karena mengusik dan menghambat perkembangan hidup.

Bahkan juga pada situasi berlebihan, overthinking bisa mengakibatkan depresi bahkan juga gangguan kecemasan.

Itu kenapa, perlu untuk mengatur diri supaya tidak terlampau overthinking. Masalahnya jadi individu yang overthinking bisa juga benar-benar menjengkelkan untuk orang lain.

Cara Mengatasi Overthinking Dengan Efektif


Berikut cara mengatasi overthinking dengan efektif

1. Berpasrah Diri

Apa saja yang Anda rasakan atau lakukan, lakukan semaksimal mungkin. Percayalah, apa saja hasilnya, itu ialah yang terbaik dan telah sama sesuai batasan kekuatan Anda.

2. Tuntaskan Masalah yang Gampang Lebih Dulu

Urutkan tugas dan persoalan dari yang ringan sampai berat. Ini berguna untuk menuntaskan makin banyak hal secara cepat dan tidak tertahan kelamaan di pekerjaan yang susah.

Kerjakan hal yang enteng lebih dulu akan memberikan kesan keberhasilan yang membuat Anda semangat untuk menuntaskan tugas berikutnya.

3. Pasang Target

Anda boleh saja overthinking, dengan persyaratan cuman untuk beberapa hal yang dapat dikelarkan. Jauhi overthinking untuk beberapa hal yang tidak bisa Anda selesaikan.

Sadarlah jika Anda adalah manusia yang mempunyai kekuatan benar-benar terbatas hingga tidak sanggup menuntaskan beberapa hal yang diluar kuasa.

4. Alihkan Perhatian Anda

Buat diri Anda repot dengan aktivitas yang lebih berguna, seperti lakukan hobi atau olahraga secara rutin. Ini akan membuat hati berbahagia, sekalian bisa menjadi media untuk buang energi dengan tidak percuma.

Masalahnya saat badan capek sesudah melakukan hobi atau olahraga, Anda tidak kembali mempunyai energi untuk overthinking. Akhirnya, Anda dapat istirahat dengan nyaman.

5. Meditasi

Meditasi terbukti jadi langkah yang baik untuk menangani overthinking. Agar faedahnya betul-betul maksimal, kerjakan meditasi di lokasi yang tenang dan gelap. Mengatur nafas secara baik, dan upayakan untuk membikin badan dan pemikiran masih tetap rileks.

6. Mengakui Kesuksesan Anda

Saat Anda ada di tengah-tengah pertimbangan terlalu berlebih, selekasnya stop dan mengeluarkan buku catatan atau aplikasi catatan favorite di handphone. Seperti Notes bawaan ponsel atau aplikasi simplenotes

Tulis lima hal yang sudah jalan sepanjang satu minggu paling akhir dan peranan Anda di dalamnya. Tak perlu cemas, bahkan juga perolehan sekecil apa saja masih tetap dipandang sebagai sukses untuk diri Anda.

Saat menyaksikan perolehan tertera di atas kertas atau monitor, Anda kemungkinan kaget bagaimana beberapa hal kecil itu benar-benar punya pengaruh untuk orang sekeliling atau diri sendiri. Bila terasa menolong, saksikan kembali daftar ini saat pemikiran Anda naik-turun.

7. Mengambil Tindakan

Kadang, Anda kemungkinan mengulang pertimbangan yang serupa berkali-kali karena tidak ambil perlakuan nyata mengenai keadaan tertentu.

Karenanya, supaya tidak terus-terusan overthinking, coba untuk konsentrasi pikirkan jalan keluar dan perlakuan yang perlu Anda kerjakan. Tidak boleh hiraukan hasil, yang perlu Anda sudah cobanya sekeras tenaga.

8. Merangkul Rasa Takut

Ada banyak hal yang pada intinya memang di luar kendalian Anda. Pelajari langkah terima keadaan itu dapat benar-benar menolong dalam mengungkung pertimbangan yang berlebihan.

Tak perlu keburu-buru. Lakukan dengan bertahap dan berproses supaya beban pemikiran Anda tidak justru semakin bertambah dan jadi memperburuk overthinking yang sebelumnya.

9. Meminta Bantuan

Bila merasa tidak kuat, Anda tidak wajib melakukannya sendiri. Minta pertolongan untuk therapy yang berkualitas supaya beban di pikiran Anda dapat menyusut secara bertahap.

Anda juga dapat minta pertolongan untuk rekan kepercayaan. Minimal, dengan menceritakan pada rekan keyakinan, Anda dapat mendapatkan timbal balik yang mungkin jadi motivasi atau langkah menangani overthinking yang dialami.

10. Kerjakan Suatu hal yang Bagus untuk Orang Lain

Mengetahui jika Anda berkekuatan untuk membuat hari seorang jadi lebih baik bisa menghindari pikiran negatif mengambil alih. Ini pada akhirnya bisa menolong menangani overthinking yang dialami.

Hal itu memberikan Anda suatu hal yang produktif untuk konsentrasi akan suatu hal dibanding terikut arus pertimbangan tidak berujung. Pada akhirnya, ini juga menjadi langkah hilangkan rutinitas overthinking, terutamanya bila dilaksanakan terus-menerus.


Share with your friends

Give us your opinion