Cara Mengatasi Kram Otot saat Olahraga secara Alami - BebasGaul

Selasa, November 09, 2021

Cara Mengatasi Kram Otot saat Olahraga secara Alami

Kram otot sebagai permasalahan dalam tubuh saat memforsir diri lebih dari umumnya. Kram otot umumnya terjadi saat olahraga yang tanpa pemanasan yang cukup.

Minimnya pemanasan saat olahraga akan membuat otot terkejut karena kegiatan yang tidak biasa atau tiba-tiba.

Resiko kram otot bisa juga bertambah bila Anda mempunyai beberapa kondisi tertentu seperti lanjut usia, dehidrasi, ibu hamil, dan beberapa keadaan klinis tertentu, misalkan diabetes dan masalah tiroid.

Tetapi, saat kram otot serang, ada banyak untuk menanganinya. Kram otot termasuk gampang diatasi.

Cara Mengatasi Kram Otot saat Olahraga secara Alami


Berikut langkah menangani kram otot saat olahraga dengan alami

1. Istirahat

Langkah menangani kram saat olahraga yang pertama ialah istirahat. Stop semua kegiatan fisik yang ditempuh.

Bila Anda sedang dalam status berdiri, selekasnya mencari pegangan atau dudukan. Cari statuskan badan senyaman mungkin.

2. Lakukan Pergerakan Enteng

Sesudah istirahat, jalan-jalan enteng bisa menolong menurunkan kram kaki dengan mengirim signal santai ke otot sesudah kontraksi.

Bila tidak berhasil dan Anda masih alami kram otot, pikirkan untuk mendapatkan pijatan teratur untuk menolong otot-otot santai.

3. Kerjakan Pengenduran dan Pijatan

Regangkan otot yang kram dengan istirahat dan melakukan pijatan lembut supaya otot jadi santai. Stop kegiatan yang mempunyai potensi mengakibatkan kram, lalu regangkan otot dengan enteng. Seterusnya, tahanlah regangan secara halus.

Bila Anda alami kram pada otot betis dan tidak sanggup berdiri, duduklah di lantai atau bangku sekalian status kali dilempengkan.

Tetapi, jika otot betis kram di tengah-tengah malam, berdirilah dan pelan-pelan angkat beban pada kaki yang sakit untuk menggerakkan tumit ke bawah. Selanjutnya, regangkan otot.

4. Kompres Hangat atau Dingin

Langkah menangani kram saat olahraga selanjutnya dengan mengimplementasikan kompres hangat, seperti handuk, botol, atau patch. Lekatkan kompres hangat itu pada otot yang alami kram.

Anda bisa juga merendam di air hangat atau mandi dengan shower hangat langsung ditujukan pada otot yang kram.

Pijatan pada otot yang kram dengan kontribusi handuk yang dibalut es dapat menolong menurunkan rasa ngilu.

5. Hidrasi yang Cukup

Air putih sebagai langkah rehidrasi badan yang bagus hingga otot-otot bisa kembali berperan seperti mestinya. Tidak itu saja, konsumsi air putih dengan jumlah cukup dapat mengatur beberapa sel badan yang hancur.

Anda kemungkinan perlu waktu semakin lama untuk menurunkan merasa sakit otot. Tetapi, dengan minum air atau minuman elektrolit, kekambuhan kram dapat dihindari.

6. Konsumsi Protein yang Cukup

Bila olahraga yang Anda kerjakan usai pada keadaan kram otot, tidak boleh malu untuk konsumsi makanan kaya protein. Kenyataannya, otot yang cidera memerlukan konsumsi protein yang cukup buat proses pembaruan diri.

Anda dapat memperoleh protein dari ikan, daging merah, dan kacang-kacangan. Masih tetap ingat tidak untuk mengkonsumsinya terlalu berlebih.

7. Penuhi Keperluan Magnesium

Bila seringkali mengalami kram kaki yang tidak terkait dengan keadaan klinis serius, Anda dapat menambah semakin banyak magnesium ke konsumsi harian. Kacang dan beberapa bijian ialah sumber magnesium yang baik sekali.

Magnesium dianjurkan untuk menyembuhkan kram otot pada wanita hamil, walau masih perlu riset selanjutnya. Berbicaralah sama dokter Anda saat sebelum konsumsi suplemen magnesium bila Anda sedang hamil.

Share with your friends

Give us your opinion