Cara Melepaskan Endorfin, Bikin Jiwa Senang dan Terbebas dari Stres - BebasGaul

Minggu, November 07, 2021

Cara Melepaskan Endorfin, Bikin Jiwa Senang dan Terbebas dari Stres

Endorfin sebagai senyawa penting untuk badan. Senyawa endorfin pada tubuh bekerja untuk tingkatkan rasa suka dalam jiwa.

Rasa suka dalam jiwa bisa menurunkan depresi dan pemikiran berat. Dengan demikian, pemikiran Anda akan fresh dan Anda dapat terlepas di muka muram dan penuh beban.

Ada cara-cara untuk melepas zat endorfin, satu salah satunya dengan ketawa. Tetapi, bisa menjadi aneh bila Anda ketawa sendirian. Karenanya, perlu langkah lain untuk melepas endorfin.

Semakin banyak endorfin yang keluar, semakin besar juga Anda akan mendapatkan kebahagiaan dan kesehatan.

Berikut langkah melepas endorfin

Berikut langkah melepas endorfin

1. Olahraga

Kegiatan fisik ini efisien kurangi penekanan dalam kehidupan. Olahraga tidak cuma baik untuk kesehatan, tetapi dapat tingkatkan kandungan endorfin. Pada akhirnya, suasana hati lebih baik.

Sebuah riset pelajari kandungan endorfin olahragawan saat istirahat dan sesudah lakukan lari sepanjang dua jam. Sesudah lari sepanjang dua jam, olahragawan itu berkadar endorfin yang semakin tinggi.

Jika Anda jarang-jarang lari, beragam tipe olahraga tingkat sedang sampai berat yang lain, seperti angkat beban dan aerobik, bisa memberi dampak yang serupa.

2. Makan Cokelat

Walaupun belum disokong bukti yang cukup, konsumsi cokelat bisa tingkatkan suasana hati. Cokelat memiliki kandungan lebih dari tiga ratus senyawa kimiawi yang mempengaruhi rasa berbahagia.

Triptofan yang terdapat dalam cokelat bisa tingkatkan kandungan serotonin dan membuat badan lebih rileks.

3. Ketawa

Tidak boleh kira sepele, ketawa baik untuk kesehatan. Saat melihat film lucu, endorfin akan terpacu untuk keluar. Walau bukti klinis mengenai ini masih tetap sedikit, orang yang melihat acara lucu berasa suasana hatinya jadi lebih baik.

4. Habiskan Waktu dengan Orang Tersayang

Merajut jalinan sama orang tercinta bisa tingkatkan kandungan endorfin badan. Saat Anda habiskan waktu sama orang yang dicintai, kenaikan suasana hati bisa terjadi.

Bahkan juga, cukup dengan sekedar berpegangan tangan dan berangkulan dengan beberapa orang paling dekat, Anda dapat tingkatkan suasana hati.

5. Dengar Musik

Dengarkan musik bisa menolong Anda lebih rileks dan melepaskan kepenatan. Beberapa jenis musik, seperti classic dan jazz, menjadi opsi untuk kurangi rasa capek, misalkan sesudah olahraga.

6. Makan Makanan Pedas

Rasa pedas yang Anda pikir saat makan sebetulnya sebagai merasa sakit. Capsaicin, yakni senyawa kimia yang membuat cabe jadi pedas, terkait dengan reseptor ngilu (sel saraf di selaput lendir hidung dan mulut).

Tetapi, merasa sakit disertai oleh reaksi badan yakni melepas endorfin. Perihal ini pula yang membuat makanan pedas dipercayai bisa membenahi suasana hati.

7. Yoga dan Meditasi

Meditasi dan yoga dikenali akan dampak menurunkan depresi dan menentramkan. Ini kemungkinan disebabkan karena pelepasan endorfin.

Beberapa riset memperlihatkan, yoga dan meditasi bisa kurangi depresi dan tingkatkan endorfin.

8. Akupuntur

Riset memperlihatkan, perlakuan akupuntur bisa menyampaikan pesan langsung ke otak. Ini yang pada akhirnya mengakibatkan pelepasan endorfin.

Share with your friends

Give us your opinion