Cara Melakukan Olahraga Angkat Beban dengan Benar dan Aman - BebasGaul

Jumat, November 12, 2021

Cara Melakukan Olahraga Angkat Beban dengan Benar dan Aman

Angkat beban sebagai satu antara olahraga untuk latih otot. Otot yang kuat ialah modal awalnya untuk badan sehat.

Harus dipahami, latihan memakai sistem angkat beban tidak dapat sembarangan. Olahraga ini memliki resiko tinggi akan cidera bila dilaksanakan secara asal-asalan.

Itu kenapa, perlu tehnik khusus supaya Anda dapat lakukan latihan angkat beban dengan prima.

Disamping itu, olahraga angkat beban dapat dilaksanakan di dalam rumah. Anda perlu mempersiapkan ruang atau tempat kosong untuk kegiatan itu.

Bila Anda berasa perlu kontribusi selanjutnya berkaitan kegiatan fisik yang ini, berolahragalah di bawah tuntunan pelatih terbiasa.

Berikut cara melakukan olahraga angkat beban dengan benar dan aman


Berikut cara melakukan olahraga angkat beban dengan benar dan aman

1. Konsentrasi pada Pergerakan, Bukan Berat Beban

Pergerakan yang bagus memiliki arti menyesuaikan badan dengan pergerakan yang betul saat olahraga. Wujud pergerakan yang keliru bisa mengakibatkan cidera dan perlambat faedah yang bisa didapat.

Mulai dengan memakai beban enteng lebih dulu untuk memperoleh atau belajar pergerakan yang betul. Berkonsentrasilah untuk lakukan pergerakan yang betul secara lamban dan termonitor tiap Anda pelajari suatu hal yang baru.

Anda mulai dapat menambahkan beban untuk latih otot sesudah mengusai lakukan pergerakan dasar yang betul.

2. Tempo

Tempo menolong Anda masih tetap menggenggam kendalian, bukannya kurangi faedah yang bisa didapat. Kadang mengganti kecepatan, misalkan hitung 3x untuk turunkan beban dan 1x untuk mengusungnya, dibanding mengusung dalam dua perhitungan dan turunkan dalam dua perhitungan, ialah tehnik yang bermanfaat untuk tingkatkan kemampuan.

3. Mengatur Napas

Tekanan darah akan naik saat Anda meredam napas. Oleh karenanya, buanglah napas saat Anda menantang gravitasi seperti saat mengusung, menggerakkan, atau menarik beban. Ambil napas saat Anda melepas beban itu.

4. Teruslah Memberikan Rintangan pada Otot

Saat berasa terlampau gampang untuk menuntaskan semua repetisi, tantang otot Anda dengan menambahkan beban berat, perpanjang durasi waktu latihan, atau perbanyak jumlah olahraga dalam satu minggu. Masih tetap ingat waktu istirahat supaya tidak justru alami cidera.

5. Latihanlah Secara Teratur dan Teratur

Benar-benar bagus untuk latih kemampuan badan sisi atas dan bawah, sekitar dua atau 3x dalam satu minggu. Jaga kedisiplinan latihan itu supaya bisa memperoleh faedah yang diharapkan.

6. Beri Waktu Istirahat untuk Otot

Olahraga angkat beban bisa mengakibatkan robekan kecil pada jaringan otot. Ini sebagai langkah otot untuk tumbuh semakin kuat saat robekan itu mulai sembuh.

Selalu istirahatkan otot Anda minimal 48 jam antara sesion olahraga. Ini mempunyai tujuan supaya otot Anda sembuh dan dapat kembali dipakai dengan optimal di latihan selanjutnya.

Contoh, Anda lakukan latihan kemampuan. Karena itu Anda bisa lakukan latihan badan sisi atas di hari Senin; badan sisi bawah di hari Selasa; badan sisi atas di hari Rabu, dan sebagainya.

7. Pemanasan dan Pendinginan

Selalu kerjakan pemanasan saat sebelum mengawali latihan dan melakukan pendinginan sesudah latihan usai.


Share with your friends

Give us your opinion