Cara Mengatasi Trauma, Bikin Hidup Tenang dan tanpa Beban - BebasGaul

Rabu, Oktober 20, 2021

Cara Mengatasi Trauma, Bikin Hidup Tenang dan tanpa Beban

Mayoritas orang sudah pernah rasakan pengalaman pahit yang cukup menyakitkan. Bila tidak ditangani secara baik, pengalaman itu akan mengakibatkan trauma yang berkelanjutan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versus online, trauma ialah kondisi jiwa atau perilaku yang tidak normal sebagai akibatnya karena penekanan jiwa atau cidera jasmani.

Bangun dari trauma memang tidak gampang dan perlu proses. Tetapi, jangan putus asa dengan kondisi. Bila dibiarkan terus demikian saja, trauma dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda.

Ada cara-cara menangani trauma yang dapat Anda coba. Dengan menangani trauma, hidup Anda semakin lebih gampang, berasa lebih enteng, dan tanpa beban.

Cara Mengatasi Trauma, Bikin Hidup Tenang dan tanpa Beban


Berikut langkah menangani trauma

Therapy dengan Psikiater atau Psikolog

Langkah hilangkan trauma bisa berbeda, tergantung di tingkat keparahannya. Tetapi, bila trauma menjadi post-traumatic Stress disorder, therapy intinya ialah psikoterapi. Disamping itu, kadang-kadang pemberian obat diperlukan sebagai sisi dari therapy.

Mengakui dan Berlaku Lebih Terbuka

Trauma masa lampau kadang berbentuk kejadian malu-maluin yang tidak ingin dipisah ke seseorang. Tetapi, semakin Anda menyimpan rapat-rapat, semakin kronis juga imbas trauma.

Karena itu, coba untuk mengaku kekeliruan, maafkan diri kita, dan tumbuhkan kembali keyakinan diri.

Meluapkan perasaan dan pikiran ke orang dengan pengalaman sama bisa memperkuat diri. Anda akan berasa tidak sendirian. Bila Anda kurang cukup nyaman untuk menceritakan, tulislah sebuah jurnal untuk tuliskan hati Anda.

Dikitari Beberapa orang yang Membuat Tenang

Kuatir dalam tingkatan tertentu ialah lumrah. Tetapi, jika sering, hal tersebut bisa berpengaruh jelek pada mental. Untuk kurangi rasa kuatir itu, kelilingilah diri Anda dengan beberapa orang yang menentramkan.

Mengubah Pemikiran Negatif

Alihkan pemikiran negatif Anda. Triknya dengan menyibukkan diri, misalkan memperdalam hoby, jadi sukarelawan aktivitas sosial, atau tergabung dengan satu komune.

Rileksasi

Anda dapat berusaha untuk bermeditasi dan lakukan pengenduran sebagai langkah menangani trauma. Fokuskan fokus, pemikiran, dan hati ke beberapa hal positif dan tumbuhkan semangat. Pikir kejadian-peristiwa atau hal yang membuat berbahagia.

Usaha Hadapi Rasa Takut

Takut dan kuatir karena kejadian traumatis ialah lumrah. Namun, terus-terusan takut dan kandungannya terlalu berlebih akan turunkan keproduktifan Anda.

Dengan bertahap, kuatkan diri Anda dan jadilah berani dalam hadapi ketakutan. Jangan dibiarkan masa lampau merintangi Anda.

Bersabar dan Berani

Bila Anda ialah famili dari orang yang alami trauma, kunci untuk menangani trauma ialah sabar. Hilangkan trauma itu perlu saat yang lumayan panjang dan keberanian yang kuat untuk melawannya.

Konsentrasi pada Periode Saat ini

Langkah hilangkan trauma berkelanjutan yang lain ialah usaha konsentrasi pada periode sekarang. Biarkanlah periode menjadi periode kemarin. Janganlah sampai masa lampau terus mengontrol kehidupan Anda selanjutnya.

Semakin Anda usaha konsentrasi dari sesuatu yang ditempuh saat ini, pemikiran negatif akan semakin susah mengatur. Ini akan memberi kebebasan pada opsi yang Diambil di periode sekarang ini.

Perduli pada Diri Sendiri

Kerjakan perawatan diri, seperti lakukan beberapa hal membahagiakan, memberi waktu dalam diri sendiri, dan lakukan beragam hal yang menyenangkan. Dengar keperluan diri kita.

Share with your friends

Give us your opinion