Cara Menyimpan Tabung Oksigen dan Perbedaannya - BebasGaul

Sabtu, Agustus 21, 2021

Cara Menyimpan Tabung Oksigen dan Perbedaannya

Saking banyaknya pasien dengan gejala covid19 ini, banyak yang sulit untuk mencari oksigen, bahkan admin lihat status salah satu pegawai rumah sakit swasta, sedang antri dengan truk, mengantri langsung di pabrik oksigen itu sendiri, padahal sebelum tanggap covid , oksigen selalu diantarkan ke rumah sakit tersebut.

Oksigen banayk diperlukan untuk merawat pasien covid19. Oksigen dipergunakan untuk menaikkan saturasi oksigen ke pasien yang sedang alami hipoksemia.

Nah! kali ini admin bebasgaul akan share cara merawat tabung oksigen dan perbedaan antara oksigen tabung dan oksigen kaleng di jaman tanggap covid19 ini.

Cara Menyimpan Tabung Oksigen

Jika kamu belum pernah menyimpan tabung oksiden dirumah atau ditempat lokasi isoman, kamu harus ekstra hati-hati karena tabung oksigen ini sangat mudah meledak dan bisa menimbulkan kebakaran besar jika tidak diperhatikan secara baik-baik

Dibawah ini ada beberapa cara merawat dan meyimpan tabung oksigen dirumah

  • Jaga jarak antara tabung oksigen dengan sumber api mulai dari 1,5 Meter sampai 3 Meter
  • Hindari menggunakan alat listrik yang berpotensi mengandung percikan api saat di dekat dan saat menggunakan tabung oksigen
  • Hindari cairan yang mudah terbakar, terutama yang mengandung alkohol, contohnya lotion yang mengandung alkohol, usahakan jangan dioleskan pasa pasien saat menghirup oksigen.
  • Hindari membersihakn tabung oksigen dengan cairan yang mudah terbakar, menggunakan air dengan sabun lebih aman saat membersihkan.
  • Jelaskan ke semua orang jika tabung oksigen tersebut mudah terbakar, jauhkan perokok dan pematik api berada di dekat tabung oksigen.
  • Usahakan tabung oksigen tidak berdiri atau tergeletak begitu saja, tabung besar maupun kecil usahakan selalu di rantai untuk mengindari jatuh secara tiba-tiba.
  • Jangan mencoba memperbaiki tabung oksigen beserta alatnya, karena itu membutuhkan alat khusus dan membutuhkan kalibrasi.
  • Jika dirumah atau ditempat kerja mempunyai detektor asap, usahakan atau dicek secara berkala jika detektor itu berfungsi dengan baik.
  • Jika suatau saat ada kerusakan listrik, sebelum petugas memperbaiki jelaskan terlebih dahulu jika rumah tersebut mempunyai tabung oksigen.

Perbedaan Tabung Oksigen dan Kaleng

Cara Menyimpan Tabung Oksigen dan Perbedaannya

Tabung Oksigen

Isi dan Bentuk Tabung Oksigen

Umumnya tabung oksigen terbuat dari alumunium dan baja. Yang membedakan tabung oksigen ada dua, pertama oksigen terkompresi dan kedua oksigen cair

Oksigen terkompresi : Oksigen yang diekstrak dari udara lalu dikompresi pada tekanan 2.200 PSI selanjutnya disimpan ke dalam botol

Oksigen cair : Oksigen yang didinginkan pada suhu -297 derajat farenheit lalu oksigen disimpan dalam wadah terisolasi vakum untuk mempertahankan kondisi oksigen.

Perbandingannya 1 liter oksigen cair sama dengan 860 liter gas. Saat oksigen cair terkena suhu ruangan, maka oksigen cair berubah menjadi bentuk gas dengan artian oksigen tersebut siap digunakan.

Isi Ulang

Refill Oksigen atau isi ulang  dapat dilakukan di oksigen tabung, layaknya tabung gas untuk memasak. Pengisianpun dilakukan di tempat yang menyediakan isi ulang tabung oksigen.

Dapat digunakan untuk pasien kritis

Tabung oksigen pasti sering kamu temukan di Rumah Sakit, tabung ini sering digunakan untuk pasien kritis dan pasien hypoxia.

Karena dalam oksigen yang berisi banyak, nilai plusnya adalah dapat dialirkan secara terus menerus untuk meningkatkan saturasi oksigen.

Cara Menyimpan Tabung Oksigen dan Perbedaannya


Oksigen Kaleng

Tidak dapat diisi ulang

Oksigen jenis kaleng tidak dapat diisi ulang, jika oksigen jenis ini sudah habis, hanya bisa dibuang saja, dan harus membeli atau menggunakan yang baru kembali.

Digunakan Pas Darurat

Oksigen ini biasanya digunakan untuk keadaan darurat saja, setelah tabung oksigen tersedia bisa diganti dengan tabung oksigen tersebut.

Isi dan bentuk

Bentuk mirip dengan pengharum ruangan, dalam satu kaleng berisi 90 sampai 100 persen oksigen, mampu menampung 5 sampai 10 oksigen murni

Mudah dibawah kemana-mana

Salah satu kelebihan dari oksigen kaleng adalah enak dibawa kemana-mana.

Kesimpulan

  • Dengan informasi diatas semoga kalian bisa mengenal apa itu oksigen dan perbedaannya
  • Ayo tanggap covid 19 dengan mengikuti protoko kesehatan seperti 5M

 

Share with your friends

Give us your opinion