Menciptakan Boundaries Dengan Rekan Kerja - BebasGaul

Rabu, Juni 23, 2021

Menciptakan Boundaries Dengan Rekan Kerja

Bebasgaul – Menciptakan Boundaries dengan rekan kerja adalah membuat sebuah keterikatan dan batas antara elu dengan teman satu kantor dimana elu tiap hari ketemu. Karena hal ini mungkin cukup sulit dilakukan oleh orang dengan tipe kepribadian tertentu. Jatuhnya mungkin bukan itu sih, tapi lebih dengan melakukan berbagai usaha biar ikatan ini bisa terhubung.

Karena, tahu gak? Tidak sedikit orang di lingkungan kerja mereka merasa kesulitan untuk saling berkomunikasi atau mengutarakan maksud pada teman sekitarnya. Bahkan untuk masalah komunikasi saja bisa menyebabkan orang-orang mengalami konflik di kantor. Biar kamu gak mengalami ini, ada tips nih buat kamu biar gak kejadian.

Menciptakan Boundaries Dengan Rekan Kerja


Cara Menciptakan Boundaries Dengan Rekan Kerja

Biar gak canggung atau kesulitan berkomunikasi dengan rekan kerja, dan menghindari konflik akibat kurang koordinasi bisa nih diterapkan cara dibawah ini.

1. Ketahuilah Nilai Dirimu

Memahami apa yang kita miliki, nilai kita sendiri dan menghargai apa yang telah kita capai. Dengan memahami diri sendiri, elu bisa paham bahwa apa yang kita berikan ke teman harus sesuai. Sebagai profesional penting untuk mengetahui apa yang bisa kita tawarkan sesuai dengan kemampuan dan nilai yang kita miliki.

Mudanya, elu bisa share apa yang jadi keahlian elu. Mungkin bisa bantu-bantu temen sesuai bidang. Tidak menutup kemungkinan skil yang bagus perlu pengorbanan alias bayaran. Mentang-mentang temen sendiri memang gak bisa gratis sih. Lu juga bisa ngomong apa yang menjadi kelemahan elu biar gak diminta buat hal yang tidak elu kuasai. Tapi cara ini bisa elu manfaatkan untuk membangun Hubungan Keterikatan atau Boundaries (Batas) dengan kolega.

2. Komunikasikan Pikiran Dan Perasaamu Dengan Jujur Jelas

Jujur dan jelas ini poin penting ketika membicarakan sesuatu dengan rekan kerja. Sehingga gak ada kesalahpahaman yang menyebabkan konflik. Maksud dan tujuan elu di tempat kerja apa aja jangan sampai mereka tidak tahu.

Selain Boundaries adalah ikatan. Ada unsur Batas disana. Jangan membatasi diri dengan apa yang kamu pikirkan dan rasakan. Jangan takut untuk mengkomunikasikan Boundaries yang elu miliki karena hal tersebut malah akan baik untuk mencegah konflik di masa yang akan datang.

3. Menciptakan Boundaries Dengan Rekan Kerja Pas Lagi WFH

Work From Home meskipun cuma menatap layar, tapi juga butuh batas-batas tertentu. Misalnya jam berapa elu gak boleh menghubungi, jam berapa saja elu istirahat dan kapan bisa membalas pesan. Batas-batas ini akan membuatmu lebih enak dan membuat rekan kerja lebih enak dengan kamu juga.

Walaupun cukup menyenangkan bekerja dengan teman di kantor atau tempat kerja. Tapi elu harus paham batasan-batasan. Beberapa tips buat elu juga bisa diterapkan antara lain:

  • Mulai dengan pelan/slow
  • Fokus pada pekerjaan, pertemanan kedua
  • Jangan membagikan hal yang tidak ingin rekan kerja elu tahu
  • Belajar secara netral jika elu jadi pimpinan
  • Jangan mengkotak-kotakan
  • Hindari curhat pribadi terlalu dalam pada waktu personal dan profesionalitas
  • Jangan asal sentuh dengan rekan kerja
  • Tetap jaga rahasia obrolan diluar kantor

Share with your friends

Give us your opinion