Arti Kata Semongko - BebasGaul

Rabu, Juni 30, 2021

Arti Kata Semongko

Bebasgaul – Arti kata Semongko yang kadang bikin orang bingung. Salah satunya lewat kata-kata viral dalam Video TikTok atau video hiburan seenisnya. Ada Tarik Sis, Semongkooo.. Sebenarnya apa sih yang mereka maksud dengan beberapa kata dari jawa ini sih?

Arti Kata Semongko


Arti Kata Semongko

Jika dalam bahasa Javva, Semongko adalah Semangka. Buah manis berair yang dijadikan buah setelah makan besar. Namun sebenarnya bukan itu lho,

Semongko memiliki arti singkatan Semangato Sampe Bongko. Yang artinya Semangatlah Sampai Mati.

Semongko menjadi sebuah panggilan untuk bergoyang sebagai asal usul yang dimilikinya. Berawal dari Orkes dari Surabaya, Sera dengan lagu Bunga (versi Dangdut Koplo, dan bukan versinya Bondan dan Fade To Black). Sebelum semongko ada kata Tarik Sis. Dilanjut dengan liriknya “Kini tinggal aku sendiri…”.

Tarik Sis adalah nama Wasis sebagai pemain Tamborin yang dipanggil Wiwin si pemain seruling. Wasis kemudian menimpali dengan kata “Semongko” yang memiliki maksud “Silahkan” untuk melanjutkan lagu.

Arti Lain Dari Kata Semongko

Dari sumber lain, Bebasgaul mendapat bahwa Semongko memiliki singkatan dengn bahasa jawa yang sama. “Semangat Meski Mung Dianggap Konco” artinya tetaplah semangat walau hanya dianggap teman saja. Kalau yang satu ini kayaknya cukup miris jika dibandingkan arti yang sebelumnya.

Tapi entah mengapa Tarik Sis… Semongko menjadi sebuah padanan urutan kata yang tidak bisa dipisahkan. Saat dikumandangkan Tarik Sis, pasti jawabannya bakal Semongko.

Menjadi sebuah komedi yang lucu ada sebuah video viral, anak-anak SD yang dikasih pertanyaan terkait peribahasa. Mereka wajib tahu dong, kan generasi kita pasti tahu:

A: Dek, lanjutin peribahasa ini bisa? Berakit-rakit ke Hulu ?
B: Hmmmm…… ….. Gak tahu (sambil mercy alias pamer gusi atau meringis)
A: Kalau, Tarik Sis?
B: Semongko

Dasar memang anak-anak jaman now lebih inferior pada pelajaran bahasa Indonesia. Ya kerena paparan media yang lebih dominan daripada pelajaran di sekolah.

Share with your friends

Give us your opinion