Cara Menghargai Privasi Orang Lain - BebasGaul

Rabu, April 28, 2021

Cara Menghargai Privasi Orang Lain

Bebasgaul-Kita perlu terus belajar untuk menghargai privasi orang lain. Apa yang lu lakuin ke orang lain berarti adalah apa yang bakal orang lain perlakukan ke diri lu. Jika lu sebagai kawan yang baik, ada batas-batas tertentu dimana kita mungkin stop alias udah gak boleh kepo lagi dengan informasi dari seseorang. Apalagi sampe nyebarin informasi pribadi seseorang.

Lu sendiri juga butuh privasi, misal chat elu ke mantan dulu yang isinya sayang-sayang an. Kayaknya sih malu kalau sampe ketahuan orang lain. Ini salah satu contoh privasi bre. Maka dari itu kita perlu belajar juga untuk menjaga privasi temen atau orang biar nyaman.

Cara Menghargai Privasi Orang Lain


Cara Menghargai Privasi Orang Lain

Berikut ini Bebasgaul ngasih beberapa tips yang bisa kamu lakukan biar orang nyaman dengan ke-kepoan yang kamu miliki.

Mengenali Sifat Seseorang

Untuk orang yang belum terlalu kenal, jangan terlalu bertanya yang anhe-aneh. Ada orang yang dikepoin agak dangkal dikit udah marah. Ini berarti lu gak boleh terlalu mendalam mengkorek sesuatu kehidupan pribadi dia. Ditambah lagi, mungkin kalau udah kenal banget lu baru bisa minta lebih banyak informasi ke dia.

Ada juga yang punya karakter terbuka, lu kepoin kayak apa juga dia bakalan jawab. Biasanya sih kalau udah kenal dekat, peng-kepo-an ini tidak masalah biasanya untuk curhat. Tetapi sekali lagi jangan ngepoin terlalu dalam.

Menghargai Privasi Orang Lain Dengan Tidak Kepo Terlalu Dalam

Jangan terlalu memaksakan diri ingin tahu menahu kehidupan seseorang. Sebenarnya ini juga baik untuk dilakukan untuk sahabat yang sudah lama kenal. Untuk tujuan mencari jalan keluar bersama misalnya.

Hindari menanyakan hal yang bersifat personal seperti apa yang dilakukan dengan pacar di malam minggu. Apa yang dilakukannya ketika dirumah sendirian dan lain sejenisnya. Pertanyaan terlalu dalam bagi seorang yang gak enakan ya bakal dijawab. Dia bisa jadi sedih privasinya terlalu ditanya sama orang lain.

Meminjam Ponsel Untuk Seperlunya

Biasanya saat kita meminjam ponsel seseorang, kita bisa melihat berbagai privasinya. Atau melihat daftar riwayat pencarian di Google atau Youtube. Tidak pantas jika kita membuka wilayah privasi seperti riwayat tersebut dan galeri. Mencintai privasi salah satunya adalah dengan tidak membuka apa yang tidak diperlihatkan ke kita pada ponsel yang kita pinjam.

Menghargai Setiap Keputusan Orang Lain

Ini juga sudah masuk ke ranah privasi seseorang memutuskan sesuatu dalam hidupnya. Misalnya dia memutuskan untuk keluar dari pekerjaan atau tidak ikut bermain keluar. Tidak kepo dengan apa yang dipilih sama temen adalah salah cara menghargai privasi yang dimilikinya. Pun kalau lu diijinkan, baru lah boleh mengetahuinya.

Pada dasarnya, menjaga privasi orang lain sama seperti menjaga privasi milik diri sendiri. Ingat apa yang elu lakukan ke orang lain berarti apakah cocok juga jika dilakukan ke elu sendiri.

Share with your friends

Give us your opinion